6/10/12

Stand Up Comedy & Asep Suaji

Dunia hiburan di Indonesia sekarang nambah satu lagi jenisnya yang saat ini lagi heboh, yaitu Stand-Up Comedy, atau bahasa Indonesianya Komedi Tunggal. Jenis komedi ini bermula dari sekitar tahun 1800-an di Amerika, di sebuah teater bernama The Minstrel Show, dan ketika itu belum ada yang namanya mic, jadinya kebayang kan mereka harus teriak-teriak dan banyak melakukan komedi fisik slapstick.

Di Indonesia sebenarnya komedi tunggal ini juga sudah lama ada. Komedian Taufik Savalas almarhum adalah salah satu ‘comic’, istilah untuk menyebut seorang yang melakukan stand up comedy, yang sering mengisi acara komedi tunggal di Comedy Cafe milik Ramon Papana. Waktu itu komedi tunggal belumlah dikenal luas seperti sekarang, para komediannya pun pada saat itu kita mengenalnya sebagai pelawak lepas, seperti Kelik Pelipurlara dan Iwel Wel, juga almarhum Taufik Savalas, yang akhirnya mereka malah merambah acara parodi politik di televisi atau sibuk jadi MC/pembawa acara.

Saat ini stand up comedy menjadi dikenal luas karena mulai dilirik oleh beberapa stasiun televisi. Malah ada yang menjadikannya sebagai sebuah ajang kompetisi melalui audisi dan dipilih lewat sms. Dari acara itulah mulai muncul nama-nama baru selain Pandji dan Raditya Dika. Para comic Indonesia yang mulai naik daun itu antara lain ada Ryan si juara kompetisi, Akbar, Ernest, Mongol, Miund, Soleh Solihun, dan Asep Suaji.

Nama yang terakhir inilah yang akan memeriahkan Claser Music Corner kita malem minggu besok yang mengusung tema Gaul Galau. Hadirnya Asep Suaji untuk mengisi komedi tunggal di Claser Community Center pada tanggal 25 Februari 2012 besok tentunya bakal memberi warna lain bagi Claser. Asep (@asepsuaji) yang menurut FB-nya bekerja di sebuah lembaga kebudayaan Inggris di Jakarta, punya gaya yang khas dalam membawakan stand up comedy, materi lawakan yang dimilikinya juga sangat urban, sehingga diharapkan ia akan dapat menghibur Claser dengan cara yang berbeda. [b\w]


No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...