1/11/14

Jangan Main-main dengan Namamu!



Oct 13, '08 3:06 AM (benwal.multiply.com)

Tulisan ini terinspirasi gara-gara nonton acara Mario Teguh Golden Ways (12/10/08) di Metro TV. Intinya adalah ia sempat memberi warning kepada penonton bahwa nama kita adalah apa yang akan kita capai.

Contohnya nama yang kita pakai untuk alamat email. “Mosok ada orang yang emailnya lemahotak@yahoo.com, atau pake nama email kejang-kejang@gmail.com,” kata pak Mario dalam salah satu sesi Golden Ways-nya yang membahas tentang
”a dream is a wish your heart makes” tadi malam. Maksudnya adalah, bagaimana mau sukses atau mewujudkan mimpinya jika dalam memilih nama untuk dirinya sendiri saja sudah tidak menunjukkan sikap optimis?

Jadi teringat ketika orang tua saya memberi nama anaknya dengan harapan agar “biar (selalu) selamat” karena ketika proses kelahirannya dulu yang nyaris tidak selamat. Nyatanya saat ini si anak terebut sudah bisa hidup dengan selamat hingga 36 tahun lebih.

Begitu juga dengan nama Soesilo Bambang Yudhoyono, yang menurut sebuah tulisan di koran Kompas, kurang lebih berarti “seorang kesatria yang selalu memenangkan perang”. Terbukti jalan hidup pak SBY memang banyak menangnya ketimbang kalahnya. Jika pun kalah pada akhirnya mencapai kemenangan jua.

Atau ada seorang anak SMP di Yogya yang menjuarai Lomba Karya Ilmiah Remaja bernama
Ikhsan Brilianto yang terbukti otaknya memang brilliant! Karena ibundanya yang seorang guru memang menginginkan anaknya menjadi orang yang ‘otaknya encer’ dikemudian hari.

Kalo kata orang-orang bijak, nama seorang anak adalah doa. Mungkin maksudnya adalah nama yang baik juga harus diiringi oleh doa dari orang tuanya. Karena kenyataannya banyak juga penjahat dengan nama nabi tetapi berkelakuan babi. Jangan-jangan mereka dahulu diberi nama tanpa iringan doa orang tua, sehingga terjerembab di lembah hitam.

Memang musti hati-hati memilih nama untuk email baru kita, perusahaan, apalagi anak kita. Jangan sembarangan nyomot nama, salah-salah nasibnya bisa sesalah namanya. Setelah punya nama bagus, jangan lupa pula untuk selalu berikhtiar dan berdoa, agar nasibnya menjadi sebagus namanya.
[b\w]

1 comment:

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...