5/20/12

India & Cina Diadudomba Media Barat

Kesuksesan India meluncurkan rudal balistik antar benua yang diberi nama Agni V tak banyak mendapat kecaman dunia, tidak seperti Korea Utara yang juga baru-baru ini meluncurkan roketnya yang akhirnya gagal. Rudal dengan daya jelajah/jarak tembak hingga 5000 km itu adalah asli buatan India, dan otomatis menjadikan negara di Asia Selatan itu masuk ke dalam jajaran eksklusif negara pemilik rudal balistik antar benua bersama Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Perancis, dan Cina.

Masalahnya, mengapa media barat mengatakan secara spesifik bahwa rudal tersebut bisa mencapai wilayah Cina? (India tests nuke-capable missile able to hit China./ India test Agni V; capable of reaching China./ India to test Agni-V nuclear missile capable of striking Beijing). Mengapa tiba-tiba Cina disebut, seolah-olah India membuat Agni V memang ditujukan ke arah Cina, padahal India dan Cina bukanlah dua negara yang sedang bermusuhan?

Itulah jeleknya pihak (media) barat, mereka sering sekali membuat berita-berita yang provokatif non obyektif. Termasuk berita-berita tentang Indonesia. Mereka (barat) menyadari bahwa dua negara dengan penduduk terbanyak di dunia itu, India & Cina, merupakan calon negara adikuasa menggantikan peran negara-negara barat khususnya AS. Apalagi baru-baru ini mereka membuat sebuah “paguyuban” antar sesama negara dengan kekuatan ekonomi baru yang tergabung dalam BRICS (Brasil, Rusia, India, China, South Africa), yang semakin membuat barat ketar-ketir.

Pemberitaan tendensius yang kerap dilakukan media barat terhadap negara-negara yang berpotensi “menguasai” dunia, mungkin merupakan salah satu cara agar hegemoni dan dominasi barat khususnya Amerika bisa tetap berlangsung. Bila memang akhirnya India & Cina bermusuhan, tentu akan menguntungkan AS yang merupakan produsen senjata terbesar dunia, agar tetap jadi negara penguasa dunia. Ternyata politik adu domba milik barat masih relevan sejak jaman Hindia Belanda hingga sekarang… [bw]

sumber: http://politik.kompasiana.com/2012/04/20/india-cina-diadudomba-media-barat/

No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...