5/7/10

Di mana jeans dilarang?

Meski celana atau bahan jeans sudah sangat luas dipakai oleh berbagai kalangan di seluruh dunia, namun perlu diperhatikan juga adanya tempat atau lokasi yang melarang kita bertandang dengan memakai jeans, terutama celana blue jeans atau yang berbahan jeans.

Di Indonesia, tempat paling terlarang dari jeans adalah Istana Presiden RI, baik itu Istana Negara maupun Merdeka. Meski larangan ini sempat tidak berlaku di jaman Presiden Gus Dur, sepertinya aturan tersebut berlaku kembali setelahnya. Jaman Presiden Soeharto adalah masa paling ketat, ketika itu tak hanya celana atau rok berbahan jeans yang tidak boleh dipakai oleh tamu yang berkunjung, tapi juga sepatu kets dan sepatu sendal.

Baru-baru ini di kabupaten Aceh Barat provinsi Nangroe Aceh Darussalam juga dikeluarkan perda yang melarang para wanita menggunakan celana jeans terutama yang modelnya ketat memperlihatkan bentuk tubuh, tentu saja juga termasuk rok berbahan jeans apalagi yang mini. Meski larangan ini ternyata tidak berlaku bagi yang bukan warga setempat dan wanita non-Muslim, tapi cukup menimbulkan kontroversi di mana-mana.

Peraturan pelarangan jeans yang terbaru adalah di kawasan wisata Candi Borobudur. Sebenarnya pelarangannya adalah bagi pengunjung yang mengenakan celana pendek, rok jeans terutama yang pendek/mini, celana ¾, dan yang memakai sepatu kulit. Namun istimewanya pihak pengelola menyediakan kain batik yang akan dipakaikan kepada pengunjung yang pakai rok atau jeans pendek. Di beberapa Pura di Bali juga berlaku aturan yang hampir sama.

Bagi yang bekerja di perkantoran di Indonesia, atau di kantor pemerintahan, celana atau rok jeans adalah sesuatu yang sangat terlarang dipakai oleh para pegawai. Berlaku juga di kantor-kantor yang menjunjung tinggi formalitas, misalnya kantor pengacara, asuransi, atau perbankan. Namun kini di beberapa bank telah membolehkan karyawannya mengenakan jeans setiap hari Jumat.

Di negara barat, Amerika adalah yang memulai kebiasaan mengharamkan jeans di kantor yang berkondisi formal. Sebaliknya di Eropa, pegawai pemerintahan justru lebih santai, jeans bukan merupakan hal tabu untuk mereka kenakan saat bekerja setiap harinya.

Masih di manca negara, ternyata pelarangan jeans juga berlaku di Thailand, yaitu ada beberapa kuil yang melarang pengunjungnya memakai jeans, rok mini, celana pendek, baju you can see, dan jenis lain yang tidak sesuai untuk digunakan di tempat ibadah. Jika ada yang nekat malahan langsung diusir atau menyewa pakaian (yang sesuai) di situ.

Selebihnya adalah masalah etika. Seperti contohnya ada beberapa kondisi acara di Indonesia yang memang tidak ada aturannya, tetapi sebaiknya tidak bercelana jeans. Upacara memperingati hari besar nasional, atau upacara resepsi perkawinan, audisi dengan pejabat negara, berkunjung resmi ke keraton, dan masih banyak lagi, meski saat ini etika tersebut sudah mulai berubah. (b\w)

(http://www.loisindonesia.com/index.php/tapas-bar.html)

1 comment:

  1. Saya suka Jeans Lois, jahitannya bagus dan kain jeansnya nyaman di kulit, ndak bikin alergi..

    ReplyDelete

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...