12/13/09

Formula 1 tahun 2010 yang makin seru!

Para Formula-1 mania musti siap-siap melihat tontonan yang makin seru dan variatif di ajang adu kecepatan paling bergengsi dunia tersebut. Pasalnya, musim balapan Grand Prix F1 tahun depan (2010) bakalan diikuti oleh lebih banyak peserta serta hadirnya tim atau konstruktor baru yang akan berlaga. Federation Internationale De L’Automobile (FIA), organisasi yang menaungi GP F1, sejak Juni 2009 lalu saja telah memublikasi tiga nama tim baru, yaitu: Campos Grand Prix, Team US F1, dan Manor Grand Prix. Menjelang akhir 2009 ini diberitakan akan tambah satu tim baru lagi yaitu Lotus dari Malaysia bentukan Tony Fernandez sang pemilik Air Asia.

Sementara itu Brawn GP mengganti namanya menjadi Mercedes GP setelah produser mobil Daimler AG dari Jerman resmi menjadi pemilik saham terbesar konstruktor juara dunia 2009 itu. F1 2010 tak hanya kedatangan tim baru, tapi juga akan kehilangan paling tidak untuk saat ini dua tim sudah menyatakan mundur, yaitu: Toyota dan BMW-Sauber. Krisis keuangan dunia sangat memengaruhi keputusan mereka untuk berhemat dengan cara tidak lagi mengikuti balapan. Alasan yang sama dengan yang dilakukan oleh tim Honda pada 2008 lalu hingga akhirnya mantan principal-nya, Ross Brawn, membentuk tim baru menggunakan namanya (Brawn GP).

Berita di kalangan pebalap, Juara Dunia 2009 Jenson Button yang minta gaji 8 juta poundsterling per tahun akhirnya tidak dikabulkan oleh Mercedes GP (dahulu Brawn GP). Kemungkinan besar malah MCLaren yang akan menyanggupi membayar Jenson 6 juta poundsterling (kurang-lebih Rp 95 miliar) per tahun. Itu berarti Mercedes GP sementara belum punya pebalap karena Rubens Barichello akan ngebut untuk tim Williams di F1 2010. Sementara itu, pebalap Timo Glock harus dapat tempat baru karena timnya bubar, kabarnya tim baru Manor GP yang akan merekrutnya. F1 tahun depan kemungkinan juga akan diikuti oleh driver asal India di tim baru Campos, namun yang pasti tim baru itu sudah mengumumkan pebalapnya yaitu Bruno Senna, keponakan pebalap legendaris Brazil almarhum Ayrton Senna. Lihat nama-nama baru yang akan berlaga, F1 tahun depan jelas bakal makin seru kan?* (b\w)

*dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...