12/13/09

Jelang finish terpelanting, Sunny tidak jadi juara satu

Udara daerah sekitar Sirkuit Sentul yang semakin panas tidak menyurutkan semangat para pebalap yang memacu mobilnya Minggu (1/11/09) siang itu. Termasuk Rama Danindro dan Sunny T Soeprapto, pebalap dari tim Honda Jakarta Center yang didukung Petronas dan Class Mild, keduanya turun di kelas Master dengan menunggangi Honda All New Jazz.

Pada hari itu, mereka mengikuti dua balapan sekaligus, yaitu yang pertama adalah Honda Jazz Speed Challenge seri ke 6 pada pagi harinya. Sunny yang pada babak kualifikasi ada di urutan 6, berhasil merampungkan 12 lap dan finish di urutan 2 persis di bawah pebalap kawakan Roy Haryanto dari Honda Surabaya Centre Racing yang menduduki tempat pertama. Sementara rekan satu timnya, Rama Danindro, harus puas di urutan 4, turun satu tingkat dari perolehannya pada saat kualifikasi hari Sabtu (31/10/09), di bawah pebalap tim P-Five Racing Team Demas Agil Ramadhani.

Kejuaraan balap pada satu hari itu merupakan bagian dari ajang besar Indonesian Series of Motorsport 2009 yang rutin diselenggarakan di Sentul International Circuit setiap tahun. Termasuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) GT Radial Touring Car Championship pada siang harinya yang diikuti 29 pebalap dari berbagai kelas. Pada jenis kejuaraan ini, yang mengikuti pertandingan tidak lagi satu jenis kendaraan dari merek yang sama seperti Jazz Speed Challenge.

Babak kualifikasi GT Radial Touring Car Championship, Rama dan Sunny berurutan ada di posisi 3 dan 4, di bawah Roy Haryanto dan pebalap kawakan Chandra Alim di urutan 1 dan 2. Ketika balapan berlangsung, terjadi persaingan ketat antara mereka berempat, hingga akhirnya terjadi perubahan posisi. Roy Haryanto berhasil dipepet oleh Sunny sejak di lap awal, diikuti Rama di belakangnya.

Terjadi insiden yang sangat menentukan, yaitu di lap 18 beberapa meter sebelum garis finish, Sunny berhasil mendahului Roy di tikungan terakhir, namun sayang mobil keduanya saling bersinggungan sehingga Sunny terpelintir keluar dan menabrak tumpukan ban pengaman di sebelah kiri jalur. Kejadian itu rupanya tak disia-siakan oleh Rama yang ada dibelakang Sunny untuk terus melaju sehingga ia berhasil finish di urutan pertama, disusul Roy, yang beruntung tidak ikut terpelanting, berada diurutan ke dua. Di belakangnya urutan 4 ditempati pebalap Budi Luhur Top 1 Racing Team Shugeriawan, dan pebalap Honda Bandung Center Racing Team Chandra Alim. Sementara Sunny yang harus dilarikan ke klinik terdekat, terpaksa gagal menempati urutan pertama di detik-detik terakhir.

5 besar Honda Jazz Speed Challenge seri 6
1. Roy Haryanto – Honda Surabaya Centre
2. Sunny T Soeprapto – Honda Jakarta Center Petronas
3. Demas Agil Ramadhani – P-Five Racing Team
4. Rama Danindro - Honda Jakarta Center Petronas
5. Wiwi – Honda Bandung Centre

GT Radial Touring Car Championship (Kejurnas)
1. Rama Danindro - Honda Jakarta Center Petronas
2. Roy Haryanto – Honda Surabaya Centre
3. Shugeriawan - Budi Luhur Top 1 Racing Team
4. Chandra Alim - Honda Bandung Center
5. Demas Agil Ramadhani – P-Five Racing Team

No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...