12/5/09

JENSON BUTTON, balapan sejak umur 8 tahun!

Para penggemar Formula 1 kini pasti tak ada yang tak kenal dengan dia. Pebalap Brawn GP yang bernama lengkap Jenson Alexander Lyons Button (biasa dipanggil JB/Jense) baru saja memastikan diri menjadi Juara Dunia Formula 1 setelah ia berhasil mengumpulkan total nilai tertinggi (89 poin) di seri 16 - GP F1 Brasil 18 Oktober 2009 lalu. Walau masih menyisakan satu seri balapan lagi di Abu Dhabi, namun perolehan nilai Jenson sudah dipastikan tak terkalahkan ketika ia berhasil masuk finish urutan 5 dan meraih 4 poin.

Kemenangan yang tak mudah setelah 7 seri balapan awal berhasil dia juarai kecuali pada seri 3 di GP China yang podium pertamanya direbut oleh Sebastian Vettel. Urutan finish Jenson sempat melorot di seri 8 dan seterusnya, bahkan ketika di GP Belgia tidak mendapat poin karena harus keluar arena akibat mobilnya mengalami insiden “senggolan” beruntun dengan mobil Lewis Hamilton, Jaime Alguersuari, dan Romain Grosjean.

Bagi pria kelahiran Somerset, Inggris, 19 Januari 1980 ini, balapan adalah urat nadi hidupnya. Bagaimana tidak, ketika umur lima tahun, John Button sang ayah, memberinya sepeda motor kecil sebagai hadiah Natal dan pada saat berumur delapan tahun Jenson merasa sepeda motornya kurang cepat, ia lalu mengembalikan motor itu kepada ayahnya dan memilih untuk memacu kecepatan di atas gokart.

Pada tahun 1989 ia berhasil menjadi juara umum gokart di ajang British Kart Super Prix, sejak itulah berbagai kejuaraan gokart dan kejuaraan balap junior di Inggris dan Eropa berhasil dijuarai Jenson Button. Hingga akhirnya pada tahun 2000 berhasil menjadi pembalap Formula 1 di Grand Prix Australia sebagai arena pertamanya bersama tim BMW Williams. Pada 2001 ia berpacu untuk tim Benetton-Renault, 2002 berganti nama jadi Renault F1, 2003 pindah ke British American Racing (BAR) Honda yang ganti nama jadi Honda F1 di tahun 2006.

Kebingungan sempat melanda JB ketika tim Honda F1 terkena dampak krisis global lalu membubarkan diri dan mundur dari ajang Formula 1 pada tahun 2008. Untungnya team principal Honda F1 waktu itu, Ross Brawn, di saat-saat terakhir berhasil mendapatkan sponsor untuk tetap ikut musim balapan 2009 dengan Jenson Button dan Rubens ‘Rubinho’ Barrichello sebagai pembalapnya. Keputusan yang tepat karena akhirnya tim baru bernama Brawn GP (Brawn-Mercedez) itu berhasil meraih Drivers & Constructors World Champions 2009.

Sekalipun sudah menjadi seleb sport ngetop, Jenson Button dikenal sebagai pribadi yang cukup bersahaja. Bahkan seorang wartawan Indonesia ada yang mengungkapkan betapa low profile-nya orang ini ketika ia sempat bertemu JB di Jakarta pada tahun 2007 lalu. Untuk urusan asmara cap playboy pernah juga mampir ke dirinya, namun kabar terakhir ia masih nyaman berpacaran dengan seorang model lingerie dan bikini keturunan Argentina-Jepang berumur 24 tahun bernama Jessica Michibata.

"Today was the best race that I've driven in my career and I'm really going to enjoy this moment.” kata JB seperti yang dikutip situs resminya www.jensonbutton.com sesaat setelah keberhasilannya jadi Juara Dunia F1 2009. Semoga dia bisa mempertahankannya di musim balapan 2010, right Jense? [b\w] *

*diolah dari berbagai sumber


-> Okt 2009 - www.clas-mild.com > Clas Movement > Clas Sport

No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...