10/13/09

Barichello berhasil ungguli Hamilton, Kimi di urutan ke tiga


Pembalap dari team Brawn GP Rubens Barichello akhirnya berhasil memenangkan 2009 F1 Telefonica Grand Prix of Europe yang berlangsung di sirkuit Valencia Spanyol, Minggu (23/8/2009) kemarin. Kemenangan terakhir pembalap asal Brasil ini adalah pada tahun 2004 juara pertama di GP F1 China. Di bawah suhu udara terik sekitar 40 derajat celcius, Barichello akhirnya bisa bertahan mengungguli Hamillton yang tertinggal karena kesalahan crew pitstop-nya yang terlambat memasang ban di lap 37. Barichello mempersembahkan kemenangannya untuk Felipe Massa, sesama pembalap asal Brasil yang sedang dalam perawatan, berupa kalimat dukungan yang ia tulis di helm-nya, tak heran ia selalu menunjukkan helm-nya ke kamera sesaat ketika ia keluar dari mobilnya.

Meski Lewis Hamilton harus mengakui kemenangan Barichello, namun pembalap andalan McLaren tersebut tetap bisa menguasai sirkuit jalanan Valencia dengan mempertahankan posisi di depan pembalap andalan Ferrari Kimi Raikkonen yang finish di posisi ke tiga. Bagi Ferrari, ini merupakan pencapaian penebus malu setelah pembalap pengganti Felipe Massa, Luca Badoer, ternyata tidak bisa berjaya di arena. Badoer bahkan beberapa kali melakukan kesalahan yang menyebabkannya terpuruk di urutan 17. Untungnya hal ini dimaklumi oleh para pejabat Ferrari, mengingat Badoer memang sudah lama sekali tidak bertanding.

GP Eropa ini juga diwarnai dengan beberapa kali insiden yang dialami para pembalap. Sebastian Vettel si jagoan Red Bull terpaksa harus keluar arena karena kerusakan mesin, sehingga otomatis pembalap kelahiran Jerman tersebut kehilangan angka. Kerusakan juga dialami pembalap Sebastian Buemi dari tim STR-Ferrari juga mengalami kerusakan rem. Sementara Kazuki Nakajima mengalami pecah ban kiri belakangnya sehingga ia sempat berjalan hanya dengan velg-nya saja. Namun pembalap team Williams-Toyota ini akhirnya bisa masuk lagi ke gelanggang meski tentunya harus puas berada di urutan paling belakang di bawah Badoer.(b\w)

*dimuat di www.clas-mild.com, Agustus 2009

No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...