10/4/09

Kemenangan Fantastis Hamilton di F1 GP Hungaria


Fantastis adalah kata yang tepat untuk Lewis Hamilton pada pertandingan Grand Prix Formula 1 hari Minggu 27 Juli 2009 di Sirkuit Hungaroring, Hungaria. Pembalab dari tim McLaren ini menempati posisi ke empat ketika balapan dimulai, dan ia bisa dengan mulus mencapai posisi pertama Formula 1 Ing Magyar Nagydij 2009 ini. Bagi Hamilton, kemenangan ini merupakan pencapaian terbaiknya setelah 11 seri balapan sejak ia di podium pertama F1 GP China pada 2008 lalu. Apalagi pembalap asal Inggris ini juga melewati 5 seri balapan tanpa hasil yang memuaskan, dan satu seri balapan di Bahrain hanya bisa mencapai urutan ke empat.

Sebaliknya kemalangan justru menimpa Fernando Alonso yang memulai start dengan mulus di urutan pertama sesuai pole position-nya. Dengan penampilan yang baik selama balapan, Alonso sayangnya harus keluar dari arena karena kesalahan crew-nya. Setelah keluar dari pitstop di lap 13, ban kanan depannya terlepas hingga membuat ia terpaksa bagaikan mengandarai bajaj karena hanya berjalan dangan tiga ban. Keadaan ini tentu saja mengharuskannya kembali ke pit dan merelakan Hamilton yang ketika ia masuk pit tadi berada tepat dibelakangnya, untuk memimpin balapan kali ini. Belakangan akibat kejadian itu, tim Renault yang menaungi Alonso mendapat hukuman pencekalan sehingga kemungkinan tidak akan bisa bertandingan pada seri balapan berikutnya di sirkuit Valencia Spanyol.

F1 GP Hungary ini juga diwarnai dengan kesialan yang lain. Pada saat babak kualifikasi di hari Sabtu, pembalap Brasil Felipe Massa mengalami kecelakaan cukup parah yang membuatnya harus menjalani operasi dan sempat mengalami koma di rumah sakit Budapest, Hongaria. Pembalap yang menempati juara 3 di seri sebelumnya di Jerman ini terkena salah satu onderdil mobil Rubens Barrichello yang terlepas lalu menimpa helmnya, sehingga membuatnya kehilangan kendali dan akhirnya “mencium” tembok sirkuit. Massa yang menderita gegar otak dan cedera pada tulang tengkorak akhirnya jelas tidak dapat mengikuti pertandingan di hari Minggunya. Gosip terakhir malahan posisi Massa di Ferrari sementara akan diisi oleh Michael Schumacher, meskipun hingga kini belum ada tanda-tanda pembalap yang telah menggantung helm itu akan kembali ke F1 mendampingi Kimi Raikkonen di Ferrari. (b\w)

*tulisan ini dimuat di www.clas-mild.com Juli 2009

No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...