10/13/09

KIMI BUKTIKAN KEHEBATANNYA, FISICHELLA LUAR BIASA


Sirkuit Spa-Francorchamps Belgia memang sesuai dengan konstruksi mobil Ferrari yang juga tentunya berkat kehebatan pebalapnya, Kimi Raikkonen, sehingga berhasil menjadi juara Formula 1 ING Belgian Grand Prix, Minggu 30 Agustus 2009, yang merupakan kemenangan pertama Ferrari di tahun ini. Mengawali balapan di urutan ke enam sesuai pencapaian pole position hari sebelumnya, Kimi langsung menggeber mobilnya dan berhasil masuk ke urutan ke tiga di belakang Jarno Trulli, yang akhirnya berhasil dilalui Kimi hingga sukses merapat di belakang Fisichella, sampai masuknya safety car karena kecelakaan yang menimpa empat mobil sekaligus.

Jenson Button, Romain Grosjean, Lewis Hamilton, dan Jaime Alguersuari terpaksa keluar arena karena kecelakaan beruntun di lap awal. Dengan keluarnya empat pebalap kawakan tersebut semakin memberi angin segar buat Kimi untuk terus melesat mendahului Fisichella yang sebelumnya di urutan pertama. Perbedaan waktu yang besar dengan Kimi di depannya terus berusaha diperkecil oleh Fisichella hingga akhirnya mereka berdua sama-sama masuk pit pertama, membiarkan Rosberg memimpin arena. Keluar dari pit juga dengan bersamaan, Kimi berada di urutan kedua setelah Nick Rosberg, disusul Fisichella yang terus menempel ketat di urutan ke tiga di depan Alonso.

Posisi kembali dikuasai pebalap Ferrari asal Finlandia, setelah Nick Rosberg masuk pit pertamanya. Urutan dibelakangnya tetap Giancarlo Fisichella, sementara Fernando Alonso harus merelakan posisinya diganti oleh Kubica karena ia masuk pit juga. Hingga balapan berakhir, posisi Kimi masih tetap memimpin, sedangkan urutan kedua dengan selisih waktu 0,9 detik ditempati pebalap Force India Fisichella, disusul Sebastian Vettel di urutan ke tiga yang berhasil menyalip Robert Kubica yang menjadi urutan ke empat ditemani rekan satu timnya di BMW Sauber, Nick Heidfeld yang ada di urutan ke lima.

Dalam F1 Belgia kali ini justru pencapaian luar biasa diraih tim Force India. Salah satu pebalapnya, Giancarlo Fisichella berhasil meraih posisi pertama pada pole position sehari sebelumnya. Dengan anggaran yang tidak sebesar tim lainnya, ternyata Force India berhasil membuktikan tekad seluruh anggota tim untuk tetap berjaya dengan terus melakukan perbaikan kondisi mobilnya. Kemenangan tak terduga Fisichella di qualifying sempat diramal oleh beberapa pengamat F1 bahwa tak akan jadi jaminan akan dapat membawa dirinya naik podium, ternyata justru sebaliknya.(b\w)

*www.clas-mild.com, Agustus 2009


No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...